Our Blog

Pembangunan Jalan Modal Utama AS Jadi Super Power

ilustrasi
BCFAS  -- Amerika Serikat saat ini harus diakui sudah menjadi negara maju yang ada di dunia. Tapi tidak banyak yang tahu, kerja keras Amerika untuk menjadi maju seperti saat ini bukan kerja satu atau dua tahun, namun ada gerakan besar yang dilakukan puluhan tahun silam.

Apa itu? Setelah perang dunia ke 2, Amerika mulai menatap masa baru, memiliki presiden baru dan mulai membangun peradaban yang kelak menjadi cikal bakal Amerika yang super power seperti saat ini.

Dia adalah Dwight Eisenhower, presiden ke 34 Amerika Serikat, yang menjadi pendobrak dan penggerak dalam pembangunan di Amerika Serikat.

Yang dilakukan Dwight Eisenhower atau akrab disapa Ike saat ia menjabat sebagai presiden adalah membangun jalan bebas hambatan, yang menembus setiap negara bagian di Amerika Serikat.

Pada tahun 1956, Kongres menyetujui pembangunan jaringan jalan raya nasional yang disebut Sistem Jalan Raya Antar Negara Bagian.

Jalan jalan raya yang ada di Amerika saat itu kata Eisenhower sudah ketinggalan jaman karena dibuat berdasar jalan setapak suku Indian, tanpa rencana yang menyeluruh.

“Jalan jalan yang ada dibuat untuk memenuhi keperluan lokal, dalam era trans-kontinental. Setiap tahun milyaran jam terbuang karena kemacetan lalu lintas, jalur yang harus dialihkan dan lain lain. Ini berarti pemborosan milyaran dolar,” katanya.

Presiden Eisenhower mengusulkan program pembangunan jalan raya bernilai 50 miliar dolar, selama 10 tahun.

Ada dua kejadian yang yang membuat Presiden Eisenhower kuat sekali untuk membuat jalan raya. Pertama, ketika Eisenhower memimpin pasukan Sekutu ke Jerman selama Perang Dunia 2, di mana ia menyaksikan sendiri jalan raya bebas hambatan Autobahn yang dibangun Hitler.


More

BCFAS Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.